"Antusias Pelajar SMAN 10 Malang Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah"




 Oleh :
Dewi Kumalasari




KATA PENGANTAR
            Puji syukur kepada Allah SWT, karena atas karunia-Nya proposal penelitian Antusias Pelajar SMAN 10 Malang Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolahdapat terselesaikan dengan baik. Laporan ini berisi tentang seberapa antusias pelajar di SMAN 10 dalam memanfaatkan perpustakaan yang ada.  Tujuan dari pembuatan laporan  ini adalah mengetahui seberapa minat membaca siswa, mengetahui  faktor penyebab perpustakaan jarang dikunjungi, mengetahui  dampak yang di timbulkan jika pengunjung perpustakaan berkurang,  mengetahui manfaat perpustakaan dalam media pembelajaran.
 Selain itu laporan ini dapat membantu dalam mengedukasi proses pendidikan yang dapat berperan sebagai media ajar yang mampu berfluktuasi sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai media ajar harus terus tumbuh agar dapat memainkan peranannya sebagai stimulus dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan konstruktif. Oleh karena itu penulis minta kritik dan saran untuk membangun dalam proses pembuatan laporan selanjutnya agar lebih baik.

                                                                                    17 September 2013

                                                                                                Penulis
           




DAFTAR ISI
Kata pengantar …………………………………………………………………1
Bab 1
Pendahuluan ………………………………………………………....................3
  1. Latar belakang …………………………………………………………3
  2. Tema penelitian ………………………………………………………..3
  3. Rumusan masalah …………………………………………...................3
  4. Tujuan ………………………………………………………………….3
Bab 2
Kajian teori ……………………………………………………….....................4
Bab 3
Metode penelitian ……………………………………………………………..5
  1. Prosedur penelitian ……………………………………………………5
  2. Sumber data ………………………………………………..................5
  3. Waktu penelitian …………………………………………...................5
  4. Instrumen ……………………………………………………………..5
Bab 4
Analisa data ………………………………………………………………….6
Bab 5
Penutup ………………………………………………………………………7
  1. Kesimpulan ……………………………………………......................7
  2. Saran …………………………………………………………………7
Daftar Pustaka ……………………………………………………………….8

BAB 1
                                                PENDAHULUAN
  1. Latar belakang
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa siswi SMAN10 Malang dengan media dan fasilitas, salah satunya adalah perpustakaan dan wifi yang disediakan di berbagai tempat.
Dengan berkembangnya kemajuan teknologi diera modern ini, banyak siswa yang lebih mengandalkan teknologi dari pada buku di perpustakaan. Karena penggunaan teknologi lebih praktis tanpa harus mencari lewat daftar isi pada buku. Hal ini mengakibatkan berkurangnya pengunjung perputakaan. Padahal fasilitas yang sediakan sangat lengkaap dan menguntungkan bagi siswa SMA 10 Malang apabila mereka senang membaca buku dan menggunakan fasilitas perpustakaan dengan sebaik-baiknya.

  1. Tema penelitian
Antusias Pelajar SMAN 10 Malang Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah

  1. Rumusan masalah
1. Bagaimana minat membaca siswa dalam memanfaatkan perpustakaan?
2. Apa yang menyebabkan perpustakaan sekolah jarang dikunjungi oleh siswa ?
3. Apa pemanfaatan perpustakaan bagi siswa dalam media pembelajaran?

      D.Tujuan
1. Mengetahui  seberapa minat membaca siswa
2. Mengetahui  faktor penyebab perpustakaan jarang dkunjungi
3. Mengetahui manfaat perpustakaan dalam media pembelajaran 

BAB 2
KAJIAN TEORI

Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

BAB 3
METODE PENELITIAN

A. Prosedur Penelitian
1. Menentukan topik penelitian
2. Studi Pendahuluan
3. Menentukan rumusan masalah
4. Menentukan instrumen
5. Menyusun instrumen
6. Mengumpulkan data
7. Menganalisa data
8. Menarik kesimpulan
9. Membuat laporan

B. Sumber Data
1. Siswa-siswi SMAN 10 Malang
2. Perpustakaan SMAN 10 Malang

C. Waktu Penelitian   
Penelitian tentang “Antusias Pelajar SMAN 10 Malang Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah” dilakukan oleh penulis pada 17 September 2013.

D. Instrumen
1. Angket        2. Kertas          3. Laptop         4. Kamera

BAB 4
ANALISA DATA

            Setelah melakukan penelitian dan pengumpulan data penulis memperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Minat membaca siswa dalam memanfaatkan perpustakaan
Minat membaca siswa SMAN 10 Malang dalam memanfaatkan perpustakaan sangatlah rendah, hal ini disebabkan siswa lebih senang menggunakan fasilitas wifi daripada harus mencari atau membaca terlebih dahulu di buku walaupun fasilitas perpustakaan sudah memuaskan. Rata-rata siswa lebih suka membaca buku non akademik seperti novel, komik, majalah dan dipinjam serta dibaca di rumah daripada di perpustakaan.
  1. Faktor penyebab perpustakaan jarang dikunjungi oleh siswa
Berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan perpustakaan jarang dikunjungi oleh siswa. Penggunakan internet yang lebih cepat dan efisien menyebabkan siswa lebih tertarik dengan penggunaan teknologi tersebut. Rata-rata siswa pergi ke perpustakaan hanya menggunakan fasilias wifi yang tersedia sehingga itulah faktor penyebab perpustakaan jarang dikunjungi oleh siswa.
  1. Manfaat perpustakaan dalam media pembelajaran
Secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan. Dapat memudahkan siswa dalam memperoleh sumber data apabila membutuhkannya. Sebagai tempat belajar lain yang nyaman dan efisien selain belajar di kelas karna suasana yang tenang.

BAB 5
PENUTUP

A.Kesimpulan
            Siswa-siswi SMAN 10 Malang memiliki minat membaca yang rendah. Hal ini dikarenakan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang efektif dan efisien sehingga menyebabkan pengunjung perpustakaan yang rendah pula walaupn fasilitas yang diberikan perpustakaan sudah sangat memuaskan terutama buku-buku yang lengkap dan tempat yang nyaman.

B. Saran
            Kesadaran siswa dalam membaca buku harus diwujudkan.Mengingat bahwa perpustakaan sangat berperan penting secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.




DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman, Maman. 2004. Pintar Berbahasa Indonesia SMU-IPS. Bandung:  
Pustaka Setia

Herlambang, Abdul. 2013. Perpustakaan Umum. (Online) (Http//HerlambangAbdul.com), diakses tanggal 17 September 2013.

 

LAMPIRAN

ANGKET


PERTANYAAN
YA
TIDAK
  1. Apakah anda sering mengunjungi perpustakaan?


  1. Apakah fasilitas perpustakaan sudah memuaskan?


  1. Apakah perpustakaan sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran?


  1. Apakah anda lebih senang menggunakan wifi daripada membaca buku?


  







 

0 komentar:

Posting Komentar