Bumi merupakan salah satu tempat hidup bagi semua makhluk di muka bumi baik abiotik maupun biotik contohnya adalah manusia, hewan,  tumbuhan, dan anorganik. Tetapi diantara keempat makhluk alam tersebut manusialah yang sangat memiliki peranan penting dalam berlangsungnya kehidupan di muka bumi yang nyaman, lestari dan sejahtera. Karena manusia mempunyai hubungan yang sangat erat dengan lingkungan alam. Keduanya sangat memberikan pengaruh antar satu sama lainnya. Jika diurutakan pada tingkatan kedudukan manusia dengan lingkungan alam berdasarkan struktur perilaku dan kemampuan, manusia mendapatkan tingkatan tertinggi dari tingkatan anorganik, organik, dan hewan. Karena jika dibandingkan, tingkatannya adalah sbb :

  • Tingkatan anorganik (benda mati): hanya memiliki berat dan gaya, bergerak bukan atas kemauan sendiri.
  • Tingkatan tumbuh-tumbuhan: sudah memiliki kehidupan untuk bertumbuh, tetapi masih bergantung pada kekuatan diluar dirinya.
  • Tingkatan hewan: ada kehidupan dan pertumbuhan, ada semangat dan kehendak yang berdasarkan keteraturan (insting,naluri).
  • Tingkatan manusia: mempunyai kelengkapan sebagai mahluk hidup yang berkehendak dan berakal budi, yang pada prinsipnya dapat berbuat menurut kemauan diri sendiri. 

Berkaitan dengan tingkatan tersebut, mengakibatkan pengaruh manusia terhadap lingkungan alam sangatlah besar sedangkan pengaruh lingkungan alam terhadap manusia tergantung dengan apa yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan alam. Karena manusia bisa mengeksploitasi sumber daya alam sesuai yang dikehendaki sedangkan alam hanya memberi pengaruh atas apa yang dilakukan manusia baik pengaruh negative maupun positif.           
Apabila manusia melakukan suatu perbuatan positif terhadap bumi kita dengan menjaga dan melestarikannya, maka alam akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap manusia sehingga manusia dapat merasakan pengaruh baik yaitu dalam suasana nyaman dan menyenangkan.
            Sebaliknya apabila manusia melakukan suatu perbuatan yang dapat merusak alam, maka alam akan memberikan pengaruh buruk juga terhadap manusia.  Oleh sebab itu manusialah yang harus bertanggungjawab atas kelestarian lingkungan alam agar bumi kita nyaman dan menyenangkan.



 

0 komentar:

Posting Komentar